Pages

Sabtu, 02 April 2011

Janji Tuti


Tuti dan Tono sama-sama duduk di kelas 2A. Keluarga Tuti dan Keluarga Tono  sangat akrab. Rumah mereka pun berdekatan, sehingga mereka sering saling berkunjung. Bahkan Tono pun bersahabat dengan kakak Tuti.

Suatu hari saat jam istirahat di sekolah, Tono bermain kejar-kejaran dengan temannya. Tanpa sengaja Tono menginjak kulit pisang dan jatuh telentang. Karena Tono pingsan, akhirnya akhirnya dibawa ke rumah sakit.

Kejadian itu membuat guru-guru memutuskan untuk menaruh tempat sampah di teras tiap kelas. Anak-anak diminta untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan, agar tak ada lagi yang jadi korban. Kejadian itu membuat Tuti berjanji tidak akan lagi membuang sampah sembarangan.

Setelah beberapa hari dirawat, Tono pun sembuh. Setelah Tono masuk sekolah lagi Tuti merasa bahagia. Dan saat pulang sekolah, Tuti mengaku pada Tono bahwa yang menyebabkan Tono terjatuh adalah dirinya, karena dialah yang saat itu membuang sampah sembarangan. Untungnya Tono tidak marah dan mereka tetap menjadi teman baik.

Judul : Janji Tuti
Pengarang : Darto Singo dan B.L. Bambang Prasodjo
Penerbit : Interplus

27 komentar penyemangatku:

i-one mengatakan...

wah,alhamdulillah tuti jadi sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan ya..dan mengakui kesalahannya

Hariyanti Sukma mengatakan...

Tono ... hebat ya, gak marah dgn orang yg telah mencelakan dirinya. dan Tuti juga hebat telah berani mengakui kesalahannya. mereka pantas menjadi sahabat sejati. Shasa.... Kita perlu ya, meniru sikap dari Tono dan Tuti itu.

Oh ya ... gmn dengan sekolah Shasa, sudah mid semester ..??

anak smp mengatakan...

Wah Tono bErjiwa besar ya Sha.. Teladan yang baik tuh sha.

Ra-kun lari-laRIAN mengatakan...

bacaan bagus nih buat anak sekolahan :)

Gaphe mengatakan...

gara-gara masalah sepele yaitu buang sampah sembarangan tapi bisa membahayakan orang lain yak.

ayo.. Shasa nggak boleh buang sampah sembarangan yaa..

tapi untungnya si Tono cepet sembuh.

Ami mengatakan...

Saling memaafkan itu perbuatan mulia. Shasa, ceritanya bagus deh...

attayaya-office-web mengatakan...

ayo jaga kebersihan
ayo tanam pohon di sekolah

Penghuni 60 mengatakan...

wah, cerita baru lg ya... keren2 critanya.

oya, ada award utk Shasa spesial dari Penghuni60, kalo gak keberatan di ambil ya

Fajar mengatakan...

kadang..memang harus terbentur dahulu ya dhik...agar sadar...

SHUDAI AJLANI (dot) COM mengatakan...

bersih itu sebagian dari Iman :)

miwwa mengatakan...

Adeknya Mba Miw juga punya buku ini lho Shasa.. :)) Bagus ya ceritanya.. Jangan buang sampah sembarangan dan berani mengakui kesalahan..

sarah azahra mengatakan...

Baik hatinya tono, semoga menjadi pelajaran agar tidak buang sampah sembarangan.
Dan juga tempat sampah terlihat agar lebih mudah membuangnya.

Noor's blog (inside of me ) mengatakan...

Wah, itulah sebabnya kalau buang sampah tidak pada tempatnya. Beruntung, Tono masih mau memaafkan....

lidya mengatakan...

sesuai hadits nya ya. Kebersihan adalah sebagian dari iman

kamal mengatakan...

ade shasa ceritanya bagus banget " om aja ga bisa bwt cerita sebagus itu.. ( hihii.. ngaku2 om):)

Sudinotakim mengatakan...

Buku yg mantap sha..

IbuDini mengatakan...

Syukurlah kalau Tuti akhirnya menyadai akan kesalahannya..dan Tono yang baik hati.

Muhammad A Vip mengatakan...

si Tono setelah itu pasti sering makan pisang. Ya kan?

Ajeng Sari Rahayu mengatakan...

Jadi, Janji Tutinya nggak buang sampah sembarangan lagi ya Sha?

TUKANG CoLoNG mengatakan...

jangan lupa juga hati-hati kalo berjalan..:)

Tomo mengatakan...

alhamdulillah bila ada pengertian si tono

Ferdinand mengatakan...

Sikap tuti yg jujur sama apa yg diperbuatnya patut ditiru tuh :P ... semoga janjinya gak dilanggar yach sama tuti...

Takuya mengatakan...

Tuti hebat ya, berani mengakui kesalahannya..

lanange jagat mengatakan...

wah bagus itu kalau kita punya janji otomatis kita akan berusaha untuk menepatinya..tapi ingat janjinya yang membangun diri kita sendiri lo..kayak tuti ...salam kenal ya

Bunda Loving mengatakan...

syukur deh..ternyata tuti menyadari kesalahan nya

catatan kecilku mengatakan...

Pelajaran berharga tuh sayang, jangan buang sampah sembarangan. Selain tidak sehat dan membuat lingkungan jadi kotor, juga bisa mencelakakan orang lain.

Elsa mengatakan...

memang membuang sampah sembarangan tuh salah banget ya Sha...
untung deh Tono gak marah

Posting Komentar

Jangan lupa tulis pesan untukku ya? Terima kasih... ^_^

 

Copyright © Place to Study. Template created by Volverene from Templates Block
WP by WP Themes Master | Price of Silver