Pages

Jumat, 11 Februari 2011

Tujuh Bunga Ajaib

Aku kali ini ingin menceritakan tentang dongeng anak akan yang judulnya Tujuh Bunga Ajaib. Mau tahu ceritanya? Lanjutin dong bacanya.


Diceritakan, ada anak kecil bernama Susan. Dia baru saja membeli kue donat. Tapi tanpa disadarinya ada monyet yang mengambil kue donatnya. Karena Susan tidak bisa menangkap monyet itu walau sudah mengejar sampai di hutan, dia pun menangis. Lalu dia bertemu dengan seorang nenek yang memberinya tujuh bunga ajaib yang bisa mengabulkan permintaannya.

Dan dia langsung memakai bunga ajaibnya. Bunga 1 permintaannya: Susan ingin pulang dari hutan dengan membawa donat.

Suatu hari, dia tidak sengaja menjatuhkan vas bunga ketika ingin meletakkan bunga ajaib itu ke vas bunga tersebut. Dia takut jika ibunya marah kepadanya. Bunga 2 permintaannya: Susan ingin mengembalikan keadaan vas seperti semula.

Setelah melakukan itu dia tidak lagi kebingungan. Dan sore harinya ibunya memintanya untuk membersihkan halaman rumah. Tapi dia malas untuk melakukan hal itu. Bunga 3 permintaannya: Susan ingin bunga itu membersihkan halaman rumahnya.

Susan mempunyai teman yang bernama Roni, Roni meniliki pohon rambutan. Saat Susan berkunjung ke sana Roni mengajak Danar untuk ikut naik. Susan juga ingin naik ke pohon itu. Bunga 4 permintaannya: Susan ingin dapat naik ke atas pohon.

Susan berhasil naik ke pohon. Teman temannya heran melihatnya. Tapi susan tidak bisa turun dari pohon itu. Bunga 5 permintaannya: Susan ingin bunga itu menurunkannya dari pohon.

Pada malam harinya Susan kebingungan bagaimana mengerjakan PRnya yang susah. Tanpa berpikir panjang dia langsung menggunakan cara yang simpel untuk mengerjakannya. Bunga 6 permintaannya: Susan ingin bunga ajaib menyelesaikan PRnya.

Pagi harinya disekolah, Susan mengumpulkan PRnya dengan bangga. Tapi ketika diminta mengerjakan di depan dia tidak bisa. Hingga akhirnya dia menyesali perbuatannya selama ini. Sekarang, bunga ajaibnya tinggal satu. Dan dia ingin menggunakan itu untuk hal yang berguna. Susan teringat Lara, seorang temannya, yang di rawat di rumah sakit. Susan ingin sekali mengajak Lara jalan-jalan tapi kaki Lara masih sakit. Akhirnya dia menggunakan bunga ketujuh untuk... menyembuhkan Lara.

Semua orang yang ada di tempat itu terheran heran. Begitu juga dengan Lara. Sekarang Susan sadar pentingnya membahagiakan orang lain dari pada menjadi orang egois.

Pesan: Ingat lho ya, bunga ajaib itu nggak ada. Kan kita kalau ingin sesuatu tinggal minta ke orang tua walaupun nggak boleh seenaknya. Dan kita harus memanfaatkan kesempatan yang kita punya sebaik-baiknya dan jangan disia-siakan.

Judul : Tujuh Bunga Ajaib
Ide Cerita : Tim AMA
Penerbit : AMA
Terbit : Tahun 2003
Tebal : 24 halaman

49 komentar penyemangatku:

Hariyanti Sukma mengatakan...

hmmm.... cerita yang bagus sekali, smg anak2 yang membaca buku ini bisa mengambil hikmah nya ya ...

albertus goentoer tjahjadi mengatakan...

wah... cerita yang bagus ni adek... sarat dengan pesan...

☺☺☺ mengatakan...

waah dongeng :D aku juga ngoleksi banyak buku dongeng buat anak-anak kelak kalo udah punya :)) buku masa kecil sih tapi masih bagus.

Gaphe mengatakan...

coba kalo susan meminta kepada bunga ketujuh : Saya mau keinginan saya semua terpenuhi.. pasti dia bisa melakukan banyak hal..

eh, tapi ngeri juga sih kalo sekonyong-konyong terpenuhi, misal lagi benci sama orang trus minta biar orang itu celaka...

lah koq malah nakutin Sasha sih..hehehe

mampir, selamat liburan!

SHUDAI AJLANI (dot) COM mengatakan...

aku kira ada kali 7 bunga ajaib itu :D

Rin mengatakan...

coba 7 bunga ajaibnya bisa ada beneran ya shasa? tante mau deeh nanam dan ngerawat baik2.. biar banyak.. xixixi.. *emalah ngayal! :D

Berpikir Positif mengatakan...

kalau bungaku tinggal satu aku minta tujuh bunga lagi deh permintaan terakhirnya he he, serakah ya om

Masbro mengatakan...

Bunga ajaib itu ada kok, di dalam hati Adek Shasha. Selalu suka mengajak pada kebaikan, dan mengingatkan manakala Adek salah melangkah. Bunga itu bernama hati nurani, butuh disiram dengan air cinta..

TUKANG CoLoNG mengatakan...

bunga ajaib itu ada kok, tapi cuma satu, itu kamu.. :3

CORETAN HIDUP mengatakan...

Betul itu. Janganlah mempergunakan sesuatu yang kita miliki untuk hal yang sia2. Kalau bisa apa yang kita miliki tersebut harus dapat kita pergunakan untuk kemashalatan orang lain.

Edo mengatakan...

Wisata hati..., trima kasi...,

Aulawi Ahmad mengatakan...

wah mau dong dapet 3 aja bunga ajaib hehehe

Muhammad A Vip mengatakan...

shasa, salam buat Susan ya, juga buar Roni

IbuDini mengatakan...

Cerita yang bagus..karna kita diajarkan untuk berusaha karna dengan itu kita bisa menjadikan diri kita lebih bangga dengan hasil yang kita lakukan.
Tetap berusaha dan melakukan apa yang kita punya untuk kebaikan.

Sukses dan lebih pintar ya Shasa..

Teras Info mengatakan...

Wah..cocok ni buat ade saya...
makasih banyak atas ulasannya.. ^_^

TUKANG CoLoNG mengatakan...

untung ada yg dipake buat yg bener.. yaitu bunga ketujuh

DuniaPiyen mengatakan...

jadi ingat masa kecil...
suka sekali baca cerita begini..

Puspita mengatakan...

Terima kasih ceritanya, penuh makna. Tante ceritakan pada siswa-siswa Tante yang di TK maupun PAUD. Bahkan yang di SMK.

Apakah guru mbak Shasa tahu perihal blog ini? Beliau pasti bangga dan bahagia sekali memiliki siswa sehebat Shasa.

imroee mengatakan...

Kita harus menjadi berkat bagi sesama.

joe mengatakan...

jadi ingat masa kecil dulu saya juga suka membaca seperti shasa...

Eks mengatakan...

hebaat kamu...

Serba Ter mengatakan...

Ceritanya bagus Sha, penuh makna.
Terkadang kita lebih suka pada sesuatu yang nyaman tanpa kerja keras, terkadang kita egois dengan kemudahan yang kita dapatkan untuk kepentingan sendiri, terkadang kita menyia2kan kesempatan yang sudah ada.
Makasih untuk cerita ini. Sederhana namun sarat makna.
Sukses ya dik

Takuya mengatakan...

lebih menyenangkan melakukan sesuatu dengan kemampuan sendiri.. :D

go green mengatakan...

cerita bagus,, mengajarkan sosial dan mengajak untuk berusaha sendiri..

IbuDini mengatakan...

Shasa yang imut, pintar dan baik hati..Tante ada Award disini buat Shasa..http://barbiedini.blogspot.com/2011/02/award-untuk-sahabat.html

attayaya_alam mengatakan...

jangan pake bunga 7 rupa, air dari 7 sumur deeh....
bahaya
lebih baik usaha sendiri

Rose mengatakan...

aih Sasha ya...salam kensl..hehehe wah kk suka sekali dongeng2 hehe...

Muhammad A Vip mengatakan...

sudah makan belum...

Ladyulia mengatakan...

wah,,,
kamu blognya ada dua ya ade kecil?
hebat....

Miss Rinda mengatakan...

wahh shasa punya 2 blog ya ??
tante aja 1 blog udah g punya waktu sha,sringnya di blog yg template2 ~_~
critanya bagus banget sha,posting lagi ya crita2nya

Ferdinand mengatakan...

Wah.. ini Blognya shasa apa ibunya?

Hem... pokoknya gak mungkin ada instans, klo mau bisa ngerjain PR dan ngerti pas disuruh maju ke depan kelas ya harus belajar :D

irul-green mengatakan...

wah apa benar yang punya blog ini anak SD?

hebat kamu shasa..

Dinohp mengatakan...

Dongeng ya mantap sha...

chikarei mengatakan...

banyak banget pelajaran dari cerita ini ^^

yup... gx boleh egois
membahagiakan orang lain itu pasti menyenangkan :D

etha mengatakan...

shasa, hebatt blog nyahhh 2 masihh sd pulaa.. hihihih.. smangaatttt ngeblog trs iiaaa say.. hiiiihih

Rizky2009 mengatakan...

pelajaran lain yang bisa diambil kita tetep tidak boleh menggunakan jasa orang lain, sebenarnya juga boleh saja dengan catatan harus belajar jadi meski orang lain yang mengerjakan kita juga bisa mengerjakan kalau disuruh mengerjakan, baru itu yang disebut namanya belajar, maaf shasa kalau salah

ye2n mengatakan...

himah yang bagus. bisa ditunjukin orang yang nonrealistis nih . .
hehhe

RIZAL mengatakan...

ide apa yang kamu mau kasih ke saya ???

Berpikir Positif mengatakan...

meski ceritanya bagus tapi tetap saja kita selalu ingat bahwa untuk mencapai sesuatu kita harus berusaha bukan mengharapkan keajaiban

Madzhab Bisnis OnLine mengatakan...

menarik juga dongengnya tuch!
jadi bahan pelajaran buat anak-anak :D

☺☺☺ mengatakan...

sasha, pinjem dong bukunya :D

JHONI mengatakan...

wahhhhh ceritanya baguusss!!!

yah memang semua perlu perjuangan, tidak bisa mengharapkan terjadi secara instant!!!

Lisna Lina "Lily" Simangunsong mengatakan...

jadi kangen ama buku2 cerita waktu seumuran shasa nih...huhuhuh

hanya mengatakan...

kunjungan perdana neh, salam kenal yeah..

Aulawi Ahmad mengatakan...

ayo update :)

albertus goentoer tjahjadi mengatakan...

pagi adek...

r10 mengatakan...

hikmahnya, ga boleh minta-minta dan bila memiliki kemampuan menolong orang lain maka berilah pertolongan ^^

Yusnita Febri mengatakan...

aaah Shasa justru di sini sukanya cerita anak-anak..imajinatif..
daripada baca novel teenlit..

saya juga masih suka kok baca cerita anak-anak, gak mesti pusing ngartiin :D

puteriamirillis mengatakan...

wah kalo punya bunga seperti itu menyenangkan sekali ya sha...tapi kita ga boleh menyerah ah, kita mampu kok mengerjakannya tanpa bunga itu yakin deh sha...
salam kenal ya sha...

Posting Komentar

Jangan lupa tulis pesan untukku ya? Terima kasih... ^_^

 

Copyright © Place to Study. Template created by Volverene from Templates Block
WP by WP Themes Master | Price of Silver